Blog

  • Home
  • Himpunan Mahasiswa D3 Teknik Telekomunikasi IT Telkom Purwokerto selenggarakan Pengabdian Masyarakat

Himpunan Mahasiswa D3 Teknik Telekomunikasi IT Telkom Purwokerto selenggarakan Pengabdian Masyarakat

Sabtu dan Minggu (28-29 April 2018), HMDT IT Telkom Purwokerto menyelenggarakan acara bakti sosial ke dua panti asuhan di Kabupaten Purbalingga. Panti Asuhan tersebut antara lain Panti Asuhan Al-Ikhlas di Desa Senon Kecamatan Kemangkon, dan satunya lagi adalah Panti Asuhan Darul Istiqomah di Desa Babakan Kecamatan Kalimanah.

Acara bakti seosial berlangsung selama dua hari dari hari Sabtu tanggal 29 April di Panti Asuhan Al-Ikhlas, dan pada hari Minggu di Panti Asuhan Darul Istiqomah. Para panitia yang merupakan pengurus aktif HMDT IT Telkom Purwokerto.

Para panitia berkumpul pada pukul 07.00 WIB dan berangkat menuju lokasi pengabdian pada pukul 08.00 WIB. Tidak hanya mahasiswa, ada juga dosen yang turut serta dalam Pengabdian Masyarakat ini, yaitu Ibu Yosi Rahmawati dan Muntaqo Alfin Amanaf, Fauza Khair, dan Jaenal Arifin.

Acara dibuka oleh MC lalu dilanjutkan dengan sambutan dari Pengurus Panti dan ketua panitia pelaksana pengabdian masyarakat. Selanjutnya, anak-anak panti asuhan Al-Ikhlas memperkenalkan diri mereka, mulai dari nama, kelas, hobi, dan cita-cita. Setelah semua anak panti memperkenalkan diri, para panitia juga memperkenalkan diri mereka. Pada perkenalan ini, kerap terdengar gelak tawa dari para peserta bakti sosial.

Selanjutnya setelah pembukaan, selanjutnya anak-anak panti dibagi menjadi dua kelompok yaitu anak SD-SMP dan anak SMA/SMK untuk selanjutnya mengikuti pelatihan Microsoft Office dan Corel Draw. Anak SD dan SMP mengikuti pelatihan Microsoft Office Word yang dipandu oleh Ibu Yosi Rahmawati dan Bapak Muntaqo Alfin Amanaf, sedangkan anak SMA/SMK mengiikuti pelatihan Corel Draw yang diajarkan oleh Nizam Khairunnidzam pada hari pertama, dan Arkan – Aldi pada hari kedua. Panitia sebelumnya telah menyediakan laptop untuk anak-anak panti asuhan tersebut sehingga mereka tinggal menjalankan aplikasi dan mengikuti pelatihannya.

Pemateri Corel Draw hari kedua

Para peserta begitu antusias dalam mempelajari software tersebut. Pemateri juga menyediakan doorprize sehingga peserta semakin bersemangat dalam mengikuti pelatihan. Berbeda dengan anak SD-SMP yang begitu ramai saat pembelajaran, peserta pelatihan corel draw yang merupakan siswa SMA/SMK begitu serius dalam mengikuti pelatihan sehingga ruangan tempat mereka belajar begitu tenang. Setelah pelatihan, panitia dan peserta melaksanakan shalat Dhuhur secara berjamaah dan makan bersama. Setelah Ishoma, acara selanjutnya adalah pelatihan softskill yang dibawakan oleh Bapak Irwan dari Manggala IT Telkom Purwokerto.

Bapak Irwan membawakan materi yang diselingi dengan games yang melatih kekompakan dan kerjasama serta kedisiplinan dari tiap peserta, serta melatih peserta menjadi orang-orang yang cepat tanggap terhadap berbagai situasi. Setelah pelatihan softskill, selanjutnya setiap peserta shalat ashar dan membuat kerajinan berupa pot tanaman dari botol air minum plastik bekas. Setiap anak dibagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri atas 4-6 orang dengan pendamping dari panitia pelaksana. Peserta diberikan bahan-bahan berupa benang wol, lem, mata-mataan, dan alat seperti gunting untuk membuat pot sekreatif mungkin.

Setelah pot tersebut jadi, peserta mengisinya dengan tanaman dan digantung pada kawat yang telah disediakan panitia. Peserta dengan pot terbaik akan mendpat hadiah. Panitia juga menyiapkan space untuk peserta membuat finger paint dengan menyediakan sarung tangan agar tangan peserta tidak kotor. Peserta begitu antusias membuat finger paint dengan menggunakan warna yang mereka sukai.

Selanjutnya panitia menampilkan hiburan berupa live music. Tidak hanya panitia yang bernyanyi, tapi peserta juga diundang untuk menyanyi bersama panitia. Acara tersebut sukses mengambil hati anak panti.

Acara ditutup dengan pemberian kenang-kenangan secara simbolis serta berbagai sumbangan dan donasi yang dikumpulkan oleh panitia, dan diakhiri dengan foto bersama anak panti dan pengurus panti asuhan.

 

Leave a Comment