Blog

  • Home
  • HMDT Gelar Workshop EAGLE

HMDT Gelar Workshop EAGLE

Rabu, 28 Maret 2018

Mahasiswa program studi D3 Teknik Telekomunikasi 2017 mengikuti Workshop Easily Applicable Grapical Layout Editor(EAGLE) yang dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa D3 Teknik Telekomunikasi (HMDT)  IT Telkom Purworkerto 2018.  EAGLE (Easily Applicable Graphical Layout Editor), merupakan sebuah aplikasi gratis untuk mendesain skematik Elektronika maupun PCB (Printed Circuit Board). Aplikasi EAGLE ini sangat penting bagi mahasiswa Prodi D3 Teknik Telekomunikasi sehingga Workshop ini merupakan suatu momentum untuk bisa mempelajari cara menggunakan aplikasi tersebut dari awal pembuatan skematik hingga saat sudah menjadi layout PCB.

Acara berlangsung di ruang DC 101 di kawasan Institut Teknologi Telkom Purwokerto. Acara pun dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama dimulai pukul 16.00 WIB s/d. 18.00 WIB, dan sesi kedua pada pukul 19.00 WIB s/d 21.00 WIB.

Sesi pertama adalah mahasiswa kelas D3TT-05-B dan beberapa mahasiswa dari S1 Teknik Telekomunikasi 2017, sedangkan untuk sesi kedua pesertanya adalah kelas D3TT-05-A dan mahasiswa S1 Teknik Telekomunikasi 2016. Untuk sesi pertama, pematerinya adalah R Dimas Nada Saputra, dan sesi kedua dibimbing oleh Imam Syaiful.

Rangkaian yang peserta buat adalah rangkaian osilator. Osilator (Oscillator) adalah suatu rangkaian elektronika yang menghasilkan sejumlah getaran atau sinyal listrik secara periodik dengan amplitudo yang konstan. Gelombang sinyal yang dihasilkan ada yang berbentuk Gelombang Sinus (Sinusoide Wave), Gelombang Kotak (Square Wave) dan Gelombang Gigi Gergaji (Saw Tooth Wave). Pada dasarnya sinyal arus searah atau DC dari pencatu daya (power supply) dikonversikan oleh Rangkaian Osilator menjadi sinyal arus bolak-balik atau AC sehingga menghasilkan sinyal listrik yang periodik dengan amplitudo konstan. Peserta diajarkan cara mencari dan memasukkan tiap komponen hingga membentuk suatu rangkaian skematik, hingga menjadi layout PCB.

Acara diakhiri dengan foto bersama antara peserta dan pemateri.

Leave a Comment