Blog

  • Home
  • HMDT Selanggarakan Pengabdian Masyarakat 2019

HMDT Selanggarakan Pengabdian Masyarakat 2019

HMDT IT Telkom Purwokerto menyelenggarakan pengabdian masyarakat yang berlokasi di Panti Asuhan PKU Muhammadiyah Bobotsari Purbalingga. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari itu tepatnya hari Sabtu, 16 Maret 2019 dan Minggu, 17 Maret 2019 berjalan dengan lancar. Kegiatan ini diikuti oleh para panitia yang merupakan pengurus aktif HMDT IT Telkom Purwokerto dan juga beberapa dosen Program Studi D3 Teknik Telekomunikasi . Beberapa dosen IT Telkom Purwokerto yang turut serta mensukseskan acara ini, diantaranya yaitu Bapak Muntaqo Alfin Amanaf, S.ST., MT, Bapak Jaenal Arifin , Bapak Syariful Ikhwan, Bapak Dodi Zulherman, S.T., MT, dan Ibu Nurlaili, S.Pd., M.Pd.

Sambutan dari Bapak Muntaqo Alfin Amanaf, S.ST., MT.

Panitia berkumpul pukul 09.00 di IT Telkom  kemudian berangkat menuju ke panti asuhan. Sesampainya di panti asuhan, panitia mempersiapkan semua perlengkapan yamg butuhkan pada saat acara nanti. Acara dimulai pukul 13.00 yang dibuka oleh MC dilanjutkan dengan sambutan dari Bapak Muntaqo Alfin Amanaf. Beliau menyampaikan bahwa semoga dengan diadakannya kegiatan ini dapat bermanfaat bagi kita semua, terutama untuk anak-anak panti karena kegiatan ini dibuat dengan se have fun mungkin oleh panitia. Untuk sambutan kedua dari Bapak Wasis Aman, S.Pdi, selaku pengurus panti asuhan. Sambutan terakhir dari ketua acara pengabdian masyarakat 2019 ini, Muhammad Zulkifli.

Sambutan dari Bapak Wasis Aman, S.Pdi. Selaku pengurus Panti Asuhan

Acara selanjutnya adalah pematerian dari beberapa dosen IT Telkom yang telah hadir. Ada dua materi yang dibawakan yaitu tentang pengenalan Internet of Things (IoT) dan pengenalan tentang Security Network. Materi pengenalan IoT dibawakan oleh Bapak Muntaqo Alfin Amanaf, S.ST., MT, Bapak Jaenal Arifin. Dan materi Security Network dibawakan oleh Bapak Syariful Ikhwan, Bapak Dodi Zulherman, S.T., MT.

Bapak Dodi Zulherman, S.T., MT. Saat menyampaikan materi Security Network

Anak-anak panti yang kebanyakan adalah siswa SMA sangat antusias dengan materi yang dibawakan, penyampaian yang digunakan oleh bapak dosen juga menarik dengan menggunakan video animasi.

Setelah pematerian selesai ada sesi foto bersama dengan bapak dan ibu dosen dilanjutkan dengan istirahat sholat ashar.

Foto bersama dengan bapak dan ibu dosen

Kegiatan setelah sholat ashar yaitu pelatihan corel draw yang dipandu oleh Aldi Wijaya dan Arkan Ramadhani. Peserta dibuat menjadi beberapa kelompok dan mendapatkan masing-masing satu pendamping kelompok dari panitia. Dalam pelatihan corel ini peserta membuat gambar sederhana dengan mengikuti tutorial yang diberikan.

Pelatihan corel draw

Pelatihan ini selesai pukul 17.00. peserta dan panitia istirahat dan bersih-bersih untuk persiapan sholat maghrib berjamaah dilanjut siraman rohani sampai sholat isya, kemudian makan bersama-sama.

Kegiatan selanjutnya yaitu sharing dengan panitia dan juga perkenalan dengan semua panitia dan anak-anak panti. Mulai dari ketua HMDT hingga perdivisi. Setelah perkenalan panitia selesai dilanjutkan dengan perkenalan dengan anak-anak panti yang ditunjuk secara acak.

Perkenalan Panitia Pengabdian Masyarakat 2019

Kegiatan ini berlangsung sampai pukul 22.00 setelah itu istirahat untuk kegiatan esok paginya.

Kegiatan di hari kedua diawali dengan sholat subuh berjamaah. Setelah itu persiapan untuk mengikuti kajian rutin hari minggu. Walau dengan cuaca yang hujan deras namun anak-anak panti asuhan dan panitia tetap semangat mengikuti kajian rutin.

Selesai mengikuti kajian panitia dan anak-anak panti kembali ke panti asuhan untuk makan pagi bersama. Kemudian berkumpul di aula untuk mengikuti lomba corel draw dengan tema lalu lintas. Anak-anak panti sangat antusias dengan lomba ini, dan hasilnya cukup bagus bagi seorang pemula. Dalam lomba ini nantinya akan diambil 5 kelompok terbaik yang gambar atau hasil desainnya yang terbaik dan yang akan mendapatkan hadiah. Peserta lomba diberi waktu kurang lebih satu jam.

Pelaksanaan Lomba Corel Draw Yang Diikuti Oleh Anak-Anak Panti Asuhan

Kegiatan berikutnya sambil menunggu hasil lomba, panitia dan anak panti bermain sebuah game dan dilanjutkan dengan membuat kerajinan tempat pensil dari botol bekas.

Kreasi Tempat Pensil dari Botol Bekas

Penutupan kegiatan disambung dengan penyerahan plakat kepada pengurus Panti Asuhan PKU Muhammadiyah Bobotsari danjuga penyerahan hadiah lomba bagi yang juara tadi. Serta penyerahan sedikit donasi yang telah terkumpul.

Penyerahan Plakat dari Ketua HMDT kepada Pengurus Panti Asuhan

Kegiatan diakhiri dengan foto bersama

Leave a Comment