Blog

  • Home
  • Kuliah Umum dan Pelatihan VSAT IP

Kuliah Umum dan Pelatihan VSAT IP

Senin, 26 Februari 2018, HMDT IT Telkom Purwokerto mengadakan kuliah umum dan pelatihan VSAT IP. Acara ini berlangsung di Aula IT Telkom Purwokerto, dengan menghadirkan pembicara dari PT Telkom Metrasat, bapak Nugroho Wibisono yang saat ini menjabat sebagai GM Operational Datacom. Tidak hanya membawakan kulliah, pihak PT Metrasat juga melakukan open recruitment sehingga diadakan tes tertulis dan tes interview bagi mahasiswa yang ingin mendaftarkan diri.

Peserta yang hadir dalam Kuliah Umum ini kurang lebih 150 mahasiswa dari berbagai program studi, serta beberapa dosen.

Peserta Kuliah Umum dan VSAT IP

Acara dibuka dengan sambutan dari Rektor IT Telkom Purwokerto, Bapak Dr. Ali Rokhman, M.Si. Beliau turut hadir dalam acara tersebut dan memberikan tanggapan positif terhadap kuliah umum ini.

Rektor IT Telkom Purwokerto saat memberi sambutan pada Kuliah Umum

Pemateri memberikan kuliah dengan membahas seputar satelit broadband, sebagaimana tema kuliah umum ini yaitu “Layanan Satelit Broadband sebagai Solusi Era Digital”. Pak Nugroho menjelaskan dengan slide presentasi yang juga disertai video untuk membuat peserta semakin paham. Yang paling beliau tekankan pada kuliah umum ini ialah tentang perbedaan antara satelit konvensional dengan satelit broadband atau HTS (High Throughput Satellite).

 

Pemateri Kuliah Umum dan Pelatihan VSAT IP, Nugroho Wibisono

Tanya jawab antar Pemateri dan Peserta Kuliah Umum

Tidak hanya menjelaskan, pemateri juga mengajukan beberapa pertanyaan kepada peserta, dan memberikan hadiah serta beberapa doorprize kepada yang menjawab dengan benar. Hal ini menambah antusias peserta selama pemberian materi. Kuliah umum diakhiri setelah sesi tanya jawab dan foto bersama pemateri.

Rektor IT Telkom dan Pemateri Kuliah Umum

Pemateri Kuliah Umum dan Civitas Akademika IT Telkom Purwokerto

Acara dilanjutkan dengan pelatihan VSAT IP yang dilaksanakan di gedung IOT lantai 4. Peserta pelatihan ini meliputi asisten laboratorium dan beberapa dosen dari program Studi D3 Teknik Telekomunikasi, S1 Teknik Telekomunikasi, dan S1 Teknik Elektro. Peserta dibagi menjadi beberapa kelompok untuk melakukan uji coba pemasangan VSAT IP.

Peserta Pelatihan VSAT IP

Peserta Tes Tertulis Open Recruitment PT Telkom Metrasat

Peserta Tes Wawancara Open Recruitment PT Telkom Metrasat

Acara selanjutnya yaitu open recruitment yang dilaksanakan oleh PT Telkom Metrasat. Proses open recruitment sendiri diadakan dengan melakukan 2 tes, yaitntuk tes tertulis dimulai sekitar pukul 13.45 di ruang T9, dan tes wawancara atau interview dilaksanakan setelah tes tertulis di ruang T10. Rangkaian open recruitment sepenuhnya di-handle oleh tim dari PT Telkom Metrasat. (za)

Leave a Comment