Blog

  • Home
  • Kuliah Umum Industri IoT

Kuliah Umum Industri IoT

Sabtu, 6 April 2019 telah diadakannya kuliah umum tentang industri Internet of Things (IoT) . Kuliah umum dimulai pukul 08.00 di ruang IOT 101 – IOT 103.  Kuliah umum diikuti oleh mahasiswa fakultas teknik telekomunikasi dan elektro semua angkatan.

Materi kuliah umum disampaikan oleh Bapak Dr. I K. Agung Enriko, S.T., M.Sc sebagai Senior Manager IoT Platform di PT. Telekomunikasi Indonesia .Beliau menerangkan sedikit tentang IoT yang merupakan benda yang bisa dihubungkan dengan internet contoh : RFID, perangkat aktif: minikomputer . Sejarah singkat berkembangnya IoT yaitu dimulai sejak tahun 2010. Unsur terpenting untuk teknologi IoT adalah konektiviti. Tahun 2010-2020 sudah mulai ada beberapa konektiviti. Kemudian untuk arsitektur dasar IoT dibagi menjadi beberapa macam diantaranya yaitu ada IoT network, network server, dan business. Untuk IoT network dibagi lagi menjadi 2 jenis yaitu short range dan long range.

Dari tiap-tiap arsitektur IoT dijelaskan oleh Bapak Enriko dengan  sangat jelas dan rinci untuk setiap sub-babnya sehingga mahasiswa yang mengikuti kuliah umum tersebut dapat memahami dengan baik apa yang disampaikan beliau.

Leave a Comment