Blog

  • Home
  • Mahasiswa D3 Teknik Telekomunikasi mengikuti Workshop GNS3 sebagai Bekal untuk Tugas Akhir

Mahasiswa D3 Teknik Telekomunikasi mengikuti Workshop GNS3 sebagai Bekal untuk Tugas Akhir

Sabtu, 14 April 2018

Himpunan Mahasiswa D3 Teknik Telekomunikasi Institut Teknologi Telkom Purwokerto mengadakan workshop GNS3. GNS3 merupakan singkatan dari Graphical Network Simulator-3. Graphical Network Simulator-3 (disingkat menjadi GNS3) adalah emulator perangkat lunak jaringan yang pertama kali dirilis pada tahun 2008. Hal ini memungkinkan kombinasi perangkat virtual dan nyata, yang digunakan untuk mensimulasikan jaringan yang kompleks. Pada software ini, kita dapat mensimulasikan sebuah jaringan dengan berbagai macam perangkat dengan merk yang berbeda, seperti pada workshop ini dibuat sebuah jaringan yang di dalamnya terdapat router Cisco, Mikrotik, dan Juniper.

Pemateri pada workshop GNS3 ini adalah Imam Purwo Hadi dan M. Syarifuddin Adnan. Tujuan diadakannya workshop GNS3 adalah untuk membantu mahasiswa D3 dalam menggunakan software GNS-3 ini karna tidak diajarkan pada mata kuliah atau praktikum di kampus. Software ini juga sangat penting dalam pengerjaan Tugas Akhir untuk mahasiswa yang mengambil fokus ke networking.

Workshop ini diikuti oleh mahasiswa D3 Teknik Telekomunikasi 2016 dan disediakan juga beberapa kuota untuk mahasiswa dari program studi lain.

Acara berlangsung di Laboratorium Jaringan Komputer di lantai 3 Gedung DC. Workshop dibagi menjadi 3 sesi, dimana sesi pertama dari jam 09.00-11.00 WIB, yang diikuti oleh D3 TT 2016 kelas A. Untuk sesi kedua, diikuti oleh D3 TT 2016 kelas B, dari pukul 11.00-13.00 WIB. Sesi ketiga kemudian dilanjutkan pada pukul 14.00-16.00 WIB yang diikuti oleh D3 TT 2016 kelas C.

Pembicara mengajarkan peserta cara penggunaan software GNS3, antara lain cara menambahkan perangkat dan memasukkan sistem operasi untuk perangkat tersebut secara virtual, contohnya router mikrotik dengan sistem operasi Mikrotik OS atau Juniper dengan Operating System JunOs. Selanjutnya mengkonfigurasi tiap perangkat hingga membentuk jaringan yang sesuai dengan topologi yang telah ditentukan. Selain pemateri, panitia dari HMDT juga membantu peserta yang cukup kesulitan selama workshop berlangsung.

Leave a Comment