Blog

  • Home
  • Protel 3.0 – Pekan Pengenalan Fakultas FTTE kepada Mahasiswa Baru

Protel 3.0 – Pekan Pengenalan Fakultas FTTE kepada Mahasiswa Baru

Protel adalah singkatan dari Pride of Telecommunication and Electro, merupakan agenda wajib yang dilaksanakan tiap tahun oleh Himpunan Mahasiswa yang berada di bawah naungan fakultas Teknik Telekomunikasi dan Elektro. Himpunan mahasiswa yang turut melaksanakan antara lain HMTT (Himpunan Mahasiswa S1 Teknik Telekomunikasi), HMDT (Himpunan Mahasiswa D3 Teknik Telekomunikasi), dan mahasiswa dari S1 Teknik Elektro.

Technical Meeting Pride of Telco

Acara Protel dilaksanakan selama 3 minggu di akhir pekan sehingga tidak mengganggu kegiatan perkuliahan peserta. Sebanyak kurang lebih 293 mahasiswa mengikuti acara ini dan dibagi menjadi 20 kelompok yang masing-masing kelompoknya diberi nama sesuai istilah-istilah yang akan ditemui selama berkuliah di bidang Telekomunikasi dan Elektro seperti Function Generator, Osiloskop, dan sebagainya.

Apel Pagi Minggu Pertama

Acara minggu pertama dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 30 September 2018 di aula SMK Telkom Purwokerto setelah sebelumnya diadakan Technical Meeting pada tanggal 24 September 2018 di tempat yang sama. Minggu pertama diisi dengan pematerian oleh dosen-dosen fakultas Teknik Telekomunikasi dan Elektro berupa pengenalan fakultas dan jurusan masing-masing.

Sharing Alumni

Pemateri Kewirausahaan di bidang Teknologi

Selain itu, panitia juga menghadirkan alumni yaitu Ifaz Fachrul, S.T dan Fikry Anshory Fanani, S.T pada sesi Sharing Alumni. Selain itu, ada juga pematerian kewirausahaan dari Kopkun, yaitu sebuah lembaga koperasi.

Peserta tour lab di lab Switching

Selanjutnya acara minggu kedua dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 6 Oktober 2018. Para peserta mengikuti tour lab, dimana mereka bersama pendamping kelompok masing-masing berkunjung ke laboratorium yang ada di IT Telkom Purwokerto yang digunakan oleh mahasiswa FTTE, antara lain Laboratorium TETD, Switching, Komputer dan Aplikasi, Jaringan Komputer, dan lab Fisika.

Peserta dan laboran Lab Fisika

Untuk sesi pertama, 10 kelompok diarahkan untuk melakukan tour lab, sedangkan sisanya tetap di aula dan mendengarkan pematerian dari research group (grup riset) yang ada di IT Telkom, antara lain Hexacomm dan Network Evolusion (NEV). Pada sesi berikutnya, kelompok yang tadinya di aula akan berkeliling ke lab, sedangkan 10 kelompok lain akan di aula dan mengikuti pematerian dari Hexacomm dan NEV.

Apel Sore Minggu Kedua

Minggu ketiga adalah minggu terakhir sekaligus pekan dengan kegiatan paling padat dan melelahkan bagi panitia dan peserta. Acara ini dilaksanakan pada hari Sabtu dan Minggu tanggal 13 dan 14 Oktober 2018. Pada tanggal 13 Oktober, peserta terlebih dahulu mengikuti penyuluhan tentang bahaya Narkoba dari Badan Narkotika Nasional. Selanjutnya, pada pukul 10.00 peserta dipulangkan untuk beristirahat dan mempersiapkan diri untuk Promnight yang akan diadakan pada malam hari.

Pukul 16.00 peserta kembali berkumpul dan dilaksanakan cek perlengkapan serta menyimpan barang di ruang yang telah disediakan untuk peserta tidur. Selanjutnya, peserta dipulangkan dan akan kembali ke aula untuk mengikuti Promnight.

Panitia benar-benar bekerja keras untuk persiapan dekorasi Promnight, dan hasilnya memang memuaskan. Banyak peserta yang takjub saat pertama kali masuk ke dalam aula SMK Telkom Purwokerto. Suasana yang penuh warna membuat banyak peserta melakukan foto baik selfie atau foto bersama.

Penampilan Band Bryan and The Juno

Penampilan Band Soulfly

Adulescensia, Band Lokal Purwokerto

Band yang tampil pada malam puncak antara lain Soulfly, Bryan and The Juno, serta Adulesencia. Ketiga band tersebut berhasil menghibur peserta, dan membuat peserta dan panitia menyatu dalam menikmati musik dari penampilan mereka.

Potret peserta yang menikmati penampilan guest star

Acara promnight berakhir pukul 11 malam, dan peserta kembali ke ruangan yang telah disediakan untuk istirahat untuk kegiatan outbound esok paginya.

Senam Pagi

Setelah mengikuti senam dan sarapan pagi bersama, peserta langsung diberangkatkan ke area outbound yang terdiri dari beberapa pos di lingkungan teluk. Peserta mengikuti tiap games yang disediakan dengan sungguh-sungguh, dan sesekali menyanyikan yel-yel mereka sebagai penyemangat. Games tersebut dibuat untuk melatih kekompakan serta kerjasama dari tiap peserta.

Peserta saat mengikuti games

Parade Smoke Bomb oleh Panitia

Setelah semua kelompok kembali ke kampus, mereka dipersilahkan bersih-bersih serta mengganti pakaian. Selanjutnya acara terakhir yaitu penutupan dimana seluruh pendamping kelompok mengelilingi peserta dengan membawa smoke bomb.

Leave a Comment