Blog

  • Home
  • Workshop Drive Test 4G LTE Bersama Hexacomm

Workshop Drive Test 4G LTE Bersama Hexacomm

Himpunan Mahasiswa D3 Teknik Telekomunikasi IT Telkom Purwokerto telah mengadakan Workshop Drive Test yang diikuti oleh mahasiswa angkatan 2017 khususnya program studi D3 Teknik Telekomunikasi. Panitia Workshop Drive test yang terdiri dari angkatan 2018, dapat berjalan dengan baik serta lancar sesuai dengan yang diharapkan. Acara Workshop ini diselenggarakan dengan tujuan agar peserta dapat mengetahui hal-hal apa saja yang memengaruhi kualitas sinyal pada jaringan, sehingga dapat menentukan langkah yang tepat untuk mengatasi kualitas sinyal tersebut.

Pembukaan acara oleh MC

 

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Minggu, 7 April 2019 berlokasi di Laboratorium Jaringan Komputer IT Telkom Purwokerto. Kegiatan Dimulai dari pukul 08.15 WIB sampai dengan 16.00 WIB dengan dibagi menjadi 2 sesi. Sesi pertama pada pukul 08.15 – 11.20, kemudian dilanjutkan dengan sesi kedua pada pukul 13.00 – 16.00. Dengan pemateri dari salah satu grup riset IT Telkom yaitu HEXACOMM.

Pematerian Drive Test 4G LTE oleh HEXACOMM

 

Acara dibuka oleh MC, dan kemudian diserahkan seluruhnya kepada HEXACOMM untuk memandu jalanya acara. Kegiatan drive test dibagi menjadi 2 yaitu pertama pengenalan aplikasi Genex Asisstant dan Genex Probe serta penjelasan singkat tentang parameter yang akan digunakan untuk drive test, kemudian yang terakhir melakukan walk test yaitu tes sinyal dengan berjalan mengikuti denah yang telah diberikan.

Pengenalan Aplikasi Genex Kepada Peserta

Sebelum kegiatan  walk test, peserta terlebih dahulu dibagi menjadi beberapa kelompok . Tujuannya untuk memudahkan saat praktik drive test nantinya. Pada workshop drive test kali ini denah yang digunakan hanya disekitar kampus IT Telkom saja, karena terbatasnya waktu.

Peserta sangat tertarik dan antusias saat mengikuti workshop drive test  ini terutama saat melakukan walk test berkeliling kampus untuk mendeteksi kualitas sinyal yang berada disekitar kampus.

Walk Test Untuk Pengambilan Data Sinyal

Setelah walk test selesai, peserta kembali ke Laboratorium Jaringan Komputer untuk melakukan analisa dengan data yang telah diperoleh.

Acara terakhir yaitu penutup. Penutupan diakhiri dengan penyerahan sertifikat kepada HEXACOMM dari ketua pelaksana workshop , Zakaria Lintang Nur Pratama dan melakukan sesi foto bersama.

Penyerahan Sertifikat Dari Ketua Pelaksana Kepada Perwakilan HEXACOMM

 

Foto Bersama Panitia Dan HEXACOMM

Leave a Comment