Blog

  • Home
  • SOLDER 3.0 bagi Mahasiswa D3 Teknik Telekomunikasi

SOLDER 3.0 bagi Mahasiswa D3 Teknik Telekomunikasi

Tanggal 23-24 November 2019 kemarin telah dilaksanakan kegiatan makrab Program Studi D3 Teknik Telekomunikasi di Institut Teknologi Telkom Purwokerto. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh mahasiswa D3 Teknik Telekomunikasi angkatan 2019. Tema malam keakraban atau biasa disingkat makrab kali ini yaitu “ADHIGANA”. Makrab ini bertujuan untuk mempererat persaudaraan antar mahasiswa D3 Teknik Telekomunikasi, selain itu juga dapat mempererat hubungan antara mahasiswa dengan Dosen serta alumni.

Apel Pembukaan SOLDER 3.0 oleh Bapak Muntaqo Alfin Amanaf, S.ST.,M.T

Kegiatan ini dibuka dengan apel siang yang dipimpin oleh Kaprodi D3 Teknik Telekomunikasi, Bapak Muntaqo Alfin Amanaf, S.ST.,M.T . Dalam amanat apel beliau menyampaikan bahwasanya SOLDER 3.0 ini sebagai kegiatan hiburan untuk mahasiswa baru D3 Teknik Telekomunikasi, selain itu juga untuk mempererat hubungan antara mahasiswa angkatan sebelum angkatan 2019 ini.

Pematerian Leadership & Kaderisasi diisi oleh Bapak Irwan Susanto, S.T.,M.M. (kiri) dan Melinda Br Ginting, S.T. (kanan)

Acara selanjutnya Pematerian Leadership & Kaderisasi yang diisi oleh Bapak Irwan Susanto, S.T.,M.M. Pembina UKM Manggala IT Telkom Purwokerto dan juga ada alumni D3 Teknik Telekomunikasi yang dulunya telah aktif dalam berbagai organisasi, Saudari Melinda Br Ginting, S.T. dalam pematerian ini dijelaskan oleh Bapak Irwan bahwasannya seorang mahasiswa selain aktif dalam perkuliahan juga harus aktif mengikuti suatu organisasi. Karena dalam dunia pekerjaan nanti yang kalian butuhkan bukan hanya hasil IPK dan mahir dalam bidang apa saja, tetapi dibutuhkan juga organizational citizenship behavior yang merupakan salah satu kompetensi yang dimiliki para lulusan. Organizational citizenship behavior adalah berorganisasi dengan makhluk sosial yang tujuannya untuk mengasah softskill. Pelajaran softskill banyak terkait dengan pelajaran norma, etika, tata cara bersosialisasi, budi pekerti dan kemampuan bekerja efektif serta efisien. Softskill akan tertanam dalam diri manusia dan muncul dalam bentuk perilaku jika dibiasakan dan dipraktikan.Dengan organisasi secara tidak langsung bisa melatih untuk menanamkan softskill. Saudari Melinda Br Ginting, S.T. selaku alumni D3 Teknik Telekomunikasi yang aktif dalam mengikuti organisasi yaitu HMDT, UKM Manggala, dan Tim Riset Hexacomm. Beliau menceritakan pengalaman selama mengikuti beberapa organisasi dan apa saja manfaat yang didapatkannya. Acara ini diakhir dengan penyerahan kenang-kenangan kepada pemateri dan dilanjutkan dengan persiapan untuk sholat maghrib.

Kajian untuk menjadi pribadi yang amanah okeh Bapak Bapak Muhammad Ulyan, S.Pd., M.Pd .

Sholat maghrib dilaksanakan secara berjamaah diruang TT104 dan dilanjutkan dengan kajian tentang menjadi pribadi yang amanah serta bermanfaat bagi lingkungan sekitar yang diisi oleh Bapak Muhammad Ulyan, S.Pd., M.Pd. Beliau memberikan contoh salah satu sikap dari Rasulullah saw  sehingga Rasulullah saw  diberi gelar al-amin yang artinya dapat dipercaya. Kajian ini berlangsung hingga sholat isya berjamaah yang diimami oleh beliau juga.

Nampak dari wajah-wajah mereka yang terlihat sangat menikmati makan malam yang sederhana ini

Dan dilanjutkan dengan makan malam bersama. Acara selanjutnya yaitu ada Perkenalan Hima namun lebih tepatnya seperti sharing. Dengan mengundang beberapa dari alumni seperti Tiara Apsari Dewi, Raden Dimas Nada Saputra, Muhammad Rizky Afriza, Anang Dwi Prakoso dan beberapa alumni lainnya. Beliau-beliau ini dulunya merupakan pengurus HIMA D3 Teknik Telekomunikasi yang berbeda-beda masa periodenya. Para Alumni bercerita tentang pentingnya untuk mengikuti suatu organisasi di kampus, karena manfaatnya sangat besar terutama untuk diri sendiri yang ingin menambah wawasan berorganisasi. Sharing HIMA ini berlangsung sampai dengan pukul 21.15 WIB dan dilanjutkan dengan acara pentas seni.

Sharing pengalaman bersama beberapa alumni D3 Teknik Telekomunikasi

Awalnya makrab ini akan diadakan kegiatan api unggun dan pentas seni namun karena cuaca yang tidak mendukung kegiatan api unggun tidak dapat dilaksanakan, tetapi pentas seni masih dapat berlanjut. Di acara ini semua mahasiswa D3 Teknik Telekomunikasi diundang, baik angkatan 2017 maupun angkatan 2018 bahkan alumni juga ikut dating menyaksikan acara ini. Pentas seni diisi oleh penampilan dari angkatan 2019 yang telah dibagi oleh panitia dan ada juga penampilan dari angkatan 2018 dan 2018. Semua menikmati penampilan yang dipersembahakan terutama penampilan flashmob dari ciwi-ciwi 2019.  Pukul 22.45 WIB acara pentas seni ini selesai, peserta dan juga panitia beristirahat untuk kegiatan esok paginya.

Salah satu penampilan dari mahasiswa D3 Teknik Telekomunikasi 2019

Pada pukul 02.00 WIB peserta makrab dibangunkan untuk mengikuti kegiatan jurit malam. Peserta makrab dibagi menjadi 6 kelompok, pada kegiatan jurit malam ini peserta akan berjalan mengelilingi kampus untuk mencari pos-pos yang telah ditentukan oleh panitia. Pada tiap-tiap pos peserta akan diberikan beberapa pertanyaan mengenai divisi yang terdapat dalam HMDT ini dan jika ada salah satu anggota kelompok ada yang salah menjawab pertanyaan Kegiatan jurit malam selesai pada pukul 04.00 WIB. Kemudian peserta persiapan untuk melakukan sholat subuh. Setelah sholat subuh, peserta dan panitia dikumpulkan di ruang TT 105 untuk melakukan sharing dengan HMDT 2018/2019. Dan dilanjutkan dengan sarapan bersama. Diiringi sebuah lagu yang asyiq yang menghibur baik peserta maupun panitia mencairkan suasana saat sarapan.  

Suasana saat sarapan hari ke-2 makrab

Sarapan usai, peserta bersiap-siap untuk melakukan outbond. Outbond dilaksanakan di lapangan di depan Gedung DC. Pada outbond kali ini terdapat 6 pos yang harus dilewati oleh para peserta makrab seperti pos estafet air, estafet tepung, lomba makan kerupuk dengan bumbu special dan lain-lain.

Keseruan peserta saat berada di pos estafet tepung

Setiap pos diisi oleh 2 kelompok, dan kelompok yang kalah akan mendapatkan coretan hitam pekat pada bagian wajah mereka. Kegiatan outbond  ini bertujuan untuk menumbuhkan jiwa sportifitas dan juga kekompakan mereka. Kegiatan outbond diakhiri dengan bersih-bersih diri dilanjutkan untuk penutupan acara SOLDER 3.0.

Semoga dengan adanya makrab ini rasa kekeluargaan pada program studi D3 Teknik Telekomunikasi semakin erat….aamiin ..

Foto bersama usai kegiatan

Leave a Comment