Blog

  • Home
  • Kuliah Umum Kewirausahaan Bersama Bapak Fikri Anshor Fanani, S.T

Kuliah Umum Kewirausahaan Bersama Bapak Fikri Anshor Fanani, S.T

Pada hari Sabtu (09 November 2019), Himpunan Mahasiswa Diploma Teknik Telekomunikasi Institut Teknologi Telkom Purwokerto menyelenggarakan kegiatan kuliah umum tentang kewirausahaan, yang bertemakan “Start moving to become a great young entrepreneur”. Kuliah umum ini diikuti oleh mahasiswa D3 Teknik Telekomunikasi angkatan 2018 dan 2019.

Sambutan dari ketua Himpunan Diploma Teknik Telekomunikasi

Acara ini dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia raya, dan juga doa bersama. Dilanjutkan dengan sambutan dari ketua Himpunan Diploma Teknik Telekomunikasi, Zulfikar Rachmat Andhika.  “Semoga dengan mengikuti kuliah umum ini, Angkatan 2018 dan 2019 dapat menjadi wirausaha yang sukes”, kata Zulfikar.

Pematerian oleh Bapak Fikri Anshor Fanani, S.T

Kemudian masuk ke acara inti. Diawali deangan perkenalan dari pembicara, Bapak Fikri ini berasal dari Banjarmasin, Kalimantan. Beliau merupakan alumni Institut Teknologi Telkom Purwokerto, yang awalnya mengambil Prodi D3 Teknik Telekomunikasi lulus tahun 2011 dan kemudian beberapa tahun berikutnya melanjutkan studinya di Institut Teknologi Telkom Purwokerto juga . Awal mula beliau memulai untuk berbisnis ketika ia membutuhkan uang untuk bertahan hidup. Awalnya ia berjualan bubur karena setiap pagi ia sarapan bubur jadi ia tertarik untuk berjualan bubur, akan tetapi usaha bubur ini gagal. Kemudian beliau pantang menyerah dengan mencoba dengan bisnis yang lain. Namun juga hasilnya sama. “Kalau niat sudah salah, caranya salah, semuanya jadi berantakan” kata beliau. Dari beberapa kali mencoba berbisnis ini didapatkan pelajaran bahwa kita harus mengubah pola pikir, jika sudah gagal berarti ada sesuatu yang salah dalam memulainya dan harus diperbaiki supaya tidak terulang lagi seperti kejadian yang sebelumnya. Yang bisa dilakukan untuk berhasil adalah memenuhi syarat untuk bisa berhasil, urusan hasilnya kita tidak memiliki hak atas membuat hasilnya. Dari hasil materi yang disampaikan dapat disimpulkan bahwa Bapak Fikri ini memiliki syarat karakter seorang kewirausahawan yaitu berani mengambil resiko, mau berpikir untuk orientasi masa yang akan datang, dan pantang menyerah.

Peserta Kuliah Umum dengan Antusias Bertanya Mengenai Kewirausahawan

Pada saat pemaparan materi, peserta diperbolehkan untuk bertanya kepada pemateri secara langsung. Akhir acara ini ditutup dengan pemberian plakat dan foto Bersama.

Foto Bersama Peserta Kuliah Umum dengan Bapak Fikri Anshor Fanani, S.T

Leave a Comment