Blog

  • Home
  • LDK 2018/2019

LDK 2018/2019

Pengurus Himpunan Mahasiswa D3 Teknik Telekomunikasi IT Telkom Purwokerto telah mengikuti kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan pada hari Sabtu (26 Januari 2019) hingga hari Minggu (27 Januari 2019). LDK 2018/2019 ini bertemakan “HASTHABRATA”.

Kegiatan ini dibuka dengan dilaksanakannya apel pada hari Sabtu pukul 17.00 WIB, di lapangan Gedung DC dengan Kaprodi D3 Teknik Telekomunikasi Bapak Muntaqo Alfin Amanaf, S.ST.,M.T. sebagai pembina apel. Beliau berpesan agar mengikuti kegiatan ini dengan sunguh-sungguh, guna melatih pembentukan karakter yang memiliki jiwa kepemimpinan yang baik. Kegiatan LDK 2019 tersebut dilaksanakan di dua lokasi. Pada hari pertama masih di are IT Telkom Purwokerto, sedangkan hari kedua di MAKOREM 071-Wijayakusuma Sokaraja.

Pembukaan Kegiatan LDK 2019

Setelah sholat maghrib berjamaah di ruang TT 104-105, peserta yang merupkan pengurus aktif HMDT 2019 mengikuti siraman rohani sekaligus sharing dengan Kaprodi D3 Teknik Telekomunikasi. Siraman rohani ini bertujuan untuk meningkatkan keimanan para peserta. Kemudian dilanjutkan dengan makan bersama.

Siraman Rohani yang dipimpin oleh Kaprodi D3 Teknik Telekomunikasi

Tidak hanya sharing dengan Kaprodi D3 Teknik Telekomunikasi saja, panitia juga menghadirkan pengurus HMDT dari angkatan 2014, 2015 dan 2016 yang bertujuan agar terjalinnya hubungan baik antara anggota lama dengan anggota baru.  Acara sharing dengan pengurus HMDT periode sebelumnya berlangsung hingga pukul 23.00 WIB.

Pengurus HMDT dari Periode Sebelumnya yang mengikuti acara Sharing Session

Peserta lalu menuju lapangan gedung DC untuk hiburan. Disana panitia telah menyiapkan beberapa buah lilin yang digunakan sebagai penerangan. Acara hiburan ini diisi dengan memainkan games yang seru. Acara hiburan ini berlangsung tanpa terasa hingga pukul 01.00 WIB. Kemudian peserta diperkenankan untuk istirahat.

Pukul 04.00 WIB peserta bangun, baik untuk melaksanakan sholat subuh bagi yang beragama muslim maupun untuk bersih-bersih atau persiapan untuk pergi ke lokasi LDK yang kedua.

Sebelum berangkat ke MAKOREM, peserta melakukan senam pagi guna melakukan pemanasan sebelum memulai kegiatan lainnya, dilanjutkan dengan sarapan pagi.

Senam Pagi Mengawali Kegiatan Pada Hari Kedua

Peserta menuju Markas TNI dengan mengendarai truk militer pada pukul  07.00 WIB. Saat di MAKOREM, peserta melakukan yel-yel bersama dengan Pembina dari TNI. Kemudian peserta

mendapatkan materi tentang Kepemimpinan yang dibawakan oleh Mayor Roro. Dilanjutkan dengan penyerahan plakat oleh Zulfikar Rachmat Andhika kepada Mayor Roro.

Penyerahan Plakat oleh Zulfikar kepada Mayor Roro

Selain mendapatkan materi kepemimpinan, peserta juga melakukan latihan PBB serta kegiatan outbond yang diisi dengan beberapa games yang bertujuan melatih kekompakan dan teamwork tiap timnya. Yel-yel tak lupa diteriakan dengan lantang dan penuh semangat oleh peserta LDK.

Peserta terlihat menikmati games yang sedang dilakukan

Sebelum kembali ke IT Telkom Purwokerto dan melakukan evaluasi, kegiatan di MAKOREM 071-Wijayakusuma Sokaraja ditutup dengan penyampaian kesan dan pesan oleh perwakilan dari masing-masing tim, dan kemudian foto bersama.

“kesan dan pesan saya mengikuti kegiatan di MAKOREM ini, yaitu dengan mengikuti kegiatan seperti kita dapat melatih kekompakan dan meningkatkan rasa kekeluargaan di HMDT ini. kemudian juga dalam permainan kita dilatih untuk menyusun strategi yang benar”, ujar ketua HMDT 2019, Zulfikar Rachmat Andhika.

“kesan dan pesan saya selama mengikuti kegiatan di MAKOREM sangat berkesan karena dapat mendapatkan ilmu tentang kepemimpinan. Melatih disiplin, bertanggungjawab terhadap apa yang dilakukan” ucap Bakhtiar Wibisono.

Foto bersama sebagai penutup kegiatan LDK 2018/2019

Leave a Comment