Blog

  • Home
  • Workshop Operasi Satelit Amatir Bersama ORARI

Workshop Operasi Satelit Amatir Bersama ORARI

Prodi D3 Teknik Telekomunikasi IT Telkom Purwokerto mengadakan Workshop dengan pemateri dari ORARI Lokal Banyumas. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 26 Januari 2019, dan dimulai pukul 09.00 WIB. Peserta Workshop Operasi Satelit Amatir ini sebagian besar adalah mahasiswa D3 Teknik Telekomunikasi angkatan 2016. Para peserta ini duduk berdasarkan kelompok yang sudah dibagi oleh panitia.

Peserta Terlihat Antusias Mengikuti Workshop

Acara pertama adalah sambutan oleh Kaprodi D3 Teknik Telekomunikasi, Bapak Muntaqo Alfin Amanaf, S.S.T, M.T. dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa dengan mengikuti kegiatan ini dapat menambah pengetahuan peserta tentang ORARI, serta dapat menjalin silaturahim dengan ORARI Lokal Banyumas.

Bapak Muntaqo Alfin Amanaf, S.S.T, M.T. saat Memberikan Sambutan

Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Wakil Rektor Bidang I yaitu Bapak Eka Wahyudi, S.T., M.Eng dan Ketua ORARI Lokal Banyumas,yaitu Bapak Agus Setiawan. Setelah acara sambutan selesai kemudian disambung dengan penandatangan MOU dan penyerahan plakat dari Bapak Eka Wahyudi, S.T., M.Eng kepada Bapak Agus Setiawan.

Penyerahan Plakat Dari Bapak Eka Wahyudi, S.T., M.Eng Kepada Bapak Agus Setiawan.

Acara selanjutnya yaitu materi perkenalan ORARI oleh Bapak Kukuh Febriono dirangkaikan dengan penginstallan software yang dipakai dalam kegiatan ini. Pak Kukuh menjelaskan mengenai macam-macam satelit yang sudah pernah dibuat oleh manusia, termasuk satelit buatan anak bangsa.

Pematerian Pengenalan ORARI

Pemateri kedua yaitu Bapak Kuswanto. Beliau menerangkan teknik atau cara perancangan antena dengan menggunakan software MMANA-GAL. “Software ini merupakan software antena analyzer pertama kali yang diciptakan oleh Macoto Mori berasal dari Jepang”, jelas Pak Kuswanto.
Kemudian pemateri dan peserta melakukan demo cara kerja Komunikasi Satelit yang dipandu oleh Bapak Kukuh Febriono. Demo tersebut dilakukan di lapangan Gedung DC, pukul 11.45 karena pada saat itu satelit berada pada garis horizon.

Demonstrasi Cara Kerja Komunikasi Satelit

Setelah melakukan demo, dilanjutkan dengan perakitan antena (Transceiver) satelit oleh semua peserta. Semua peralatan dan bahan untuk perakitan antena sudah disiapkan oleh panitia sehingga peserta tinggal merangkai saja. Jenis antena yang dirakit dalam workshop ini yaitu antena yagi. Setelah selesai merakit antenna kemudian melakukan uji coba dengan menggunakan spectrum analyzer.

Perakitan Antena Yagi oleh Peserta

Kegiatan workshop ini ditutup dengan foto bersama.

Leave a Comment