Blog

Protel 4.0

Pada hakikatnya ospek merupakan kegiatan pengenalan kampus kepada mahasisa barunya yang menjadi tanggung jawab kampus untuk menginformasikan kegiatan apa saja yang ada dikampus tersebut. Ospek juga merupakan sarana pencari bakat mahasiswa yang masih terpendam

Di Institut Teknologi Telkom Purwokerto ini juga mengadakan ospek yaitu, Todays, Protel dan Incredible. Todays diikuti oleh seluruh mahasiswa baru, Protel hanya diikuti oleh mahasiswa baru Fakultas Teknik Telekomunikasi dan Elektro, sedangkan Incredible hanya diikuti oleh mahasiswa baru Fakultas Teknologi Industri dan Informatika saja .

Kegiatan ini diadakan setiap hari sabtu pada setiap minggunya. Kegiatan ini diadakan selama lima minggu. Dalam arti lain, kegiatan tersebut berlangsung 5 hari namun  pada minggu keempat diadakan makrab dilanjutkan paginya dengan  outbond. Jadi total kegiatan tersebut ada 6 hari. Sebelumnya telah diadakan PraProtel untuk memberitahukan apa saja yang dibawa pada saat kegiatan esok harinya.

Pertemuan pertama protel mahasiswa diwajibkan datang pukul 05.30, di Gedung Kesenian Soetedja. Seperti ospek pada umumnya, tim disiplin melakukan cek perlengkapan semua mahasiswa sebelum mengikuti apel pagi. Para mahasiswa juga diberi tugas-tugas kelompok maupun individu dari kakak-kakak pendamping kelompok agar mereka lebih akrab dengan teman-teman sekelompok. Kemudian peserta protel sarapan bersama, dilanjutkan dengan apel pagi. Apel pagi hari pertama dipimpin oleh Dekan FTTE yaitu Ibu Anggun Fitrian Isnawati,S.T.,M.Eng.

Kemudian kegiatan dilanjutkan diisi dengan pematerian tentang Pengenalan Struktur Dosen Fakultas Teknik Telekomunikasi dan Elektro dari Dekanat FTTE yaitu ada Dekan FTTE, Ibu Anggun Fitrian Isnawati,S.T.,M.Eng. dan Bapak Eka Setia Nugraha, S.T.,M.T. Setelah itu pengenalan tentang Program studi dan Sistematika Pembelajaran yang berada di FTTE ini disampaikan langsung dari masing-masing Ketua Program Studi. Dan ospek itu berakhir pada sore hari pukul 16.10 WIB.

Pertemuan kedua (Sabtu, 14 September 2019) Protel seperti hari pertama, mahasiswa wajib datang pukul 05.30,  pada pukul 06.30 WIB dilanjutkan dengan apel pagi yang dipimpin oleh Bapak  Gunawan Wibisono, S.T.,M.T di Aula. Kegiatan  Pada hari yaitu Pengabdian Masyarakat. Peserta ospek nantinya disebar ke beberapa daerah disekitar kampus  untuk melakukan bersih-bersih dan juga ada bazar sembako murah serta kegiatan penghijauan oleh peserta ospek di halaman belakang kampus. Kegiatan ini berlangsung hingga jam 12.00 lalu mahasiswa dipersilahkan untuk ishoma. Kegiatan berikutnya, adalah pematerian dari DAMKAR. Materi yang diberikan oleh DAMKAR yaitu tentang bagaimana cara memadamkan api dari bermacam-macam sumber. Tidak hanya materi tapi sekaligus pratik. Peserta Protel berbondong-bondong menuju ke lapangan belakang untuk melakukan praktik memadamkan api dengan menggunakan karung goni yang sebelumnya telah dibasahi dengan air. Dan kegiatan berakhir dengan basah-basahan. Peserta pulang seperti biasa pukul 16.10.

Pertemuan ketiga ( Sabtu, 28 September 2019) Protel masih dilaksanakan di Aula. Pada pertemuan ketiga ini diisi dengan pematerian enterpreneur yang  pembicaranya adalah seorang owner Milkmax Milkshake, Wuwuh Setiawan, S.E . Diharapkan dengan adanya materi tentang kewirausahaan ini dapat menumbuhkan jiwa kewirausahaan pada diri mahasiswa. Acara  selanjutnya adalah sharing alumni. Acara sharing ini diisi oleh Kak Muhammad Nur Kholis Nasution dan Kak Lintang Setyo Palupi. Kak Kholis ini merupakan lulusan dari D3 Teknik Telekomunikasi dan Kak Lintang merupakan lulusan dari S1 Teknik Telekomunikasi. Cerita pengalaman dari kedua alumni tersebut semoga dapat memotivasi untuk tetap semangat menjalani hari-hari perkuliahan. Kemudian dilanjutkan dengan pengenalan HIMA FTTE dan mengajak peserta pindah ke ruangan yang telah disediakan. Setelah ishoma, di  ruangan yang telah disediakan tadi, masing-masing HIMA menjelaskan mulai dari struktur HIMA dan tugas-tugasnya serta menghafalkan mars dan yel-yel dari masing-masing HIMA serta yel-yel fakultas. Pukul 15.10, seluruh mahasiswa baik panitia maupun peserta ospek melakukan parade dengan titik kumpul di Lapangan SMK Telkom Purwokerto. Kegiatan ini berlangsung meriah dengan semangat yang tinggi. Peserta ospek pulang ke rumah masing-masing pukul 16.10.

Pertemuan keempat acara Protel berlangsung selama 2 hari ( Sabtu – Minggu, 5-6 Oktober 2019). Pada hari Sabtu, 5 Oktober 2019, peserta datang pukul 16.30. Kegiatan diawali dengan apel sore. Kemudian cek perlengkapan dilajutkan dengan sholat maghrib berjamaah di masjid. Setelah sholat maghrib, ada siraman rohani yang diisi oleh ukm SKI IT Telkom Purwokerto. Bagi yang non-Islam diisi siraman rohani juga oleh Rokris IT Telkom Purwokerto. Kegiatan siraman rohani ini berlangsung sampai dengan isya. Setelah isya, semua peserta ospek berkumpul di lapangan depan lobby DC untuk menyaksikan api unggun serta beberapa penampilan. Para panitia mengadakan konser musik kecil-kecilan sebagai hiburan para mahasiswa yang telah mengikuti ospek dan juga sebagai tempat untuk mengakrabkan diri satu sama lain. Dan semua mahasiswa menginap dikampus. Pagi harinya, peserta ospek melakukan outbond. Outbond  dibagi menjadi 2 jalur yaitu jalur kalah dan jalur menang. Pada jalur menang, kelompok akan melewati pos sesuai urutan. Sedangkan di jalur kalah, kelompok tersebut akan ke pos yang telah ditentukan oleh panitia. Pada tiap-tiap pos, terdapat game dan challange yg harus dimainkan oleh para mahasiswa baru. Para mahasiswa baru terlihat senang pada hari tersebut. Games ini bertujuan untuk melihat kekompakan, kegigihan, dan semangat mereka mengalahkan tim lawan. Setelah kegiatan outbond selesai, kemudian peserta ospek berbenah dan dilanjutkan dengan apel penutupan untuk keseluruhan rangkaian kegiatan Protel 4.0 ini. Dan mahasiswa dipersilahkan kembali kerumah masing-masing pada pukul 16.00.

Pertemuan kelima (Sabtu, 12 Oktober 2019) Promnight. Promnight singkatan dari Protel Marvolous Night yang merupakan acara puncak dan penutup sekaligus acara hiburan bagi panitia maupun peserta ospek. Promnight kali ini dibuka dengan sambutan dari Dekan kemudian dilanjutkan dengan penampilan band dari ukm musik. Setelah itu ada penampilan grup dance Reddist. Ada  juga nominasi peserta protel terbaik. Dan masih banyak kegiatan lainya yang sangat seru. kemudian di ujung acara ada penampilan dari band beraliran jazz dengan nama band Jazzkidding. Promnight berakhir pukul 22.30 WIB.

Dari serangkaian kegiatan Protel 4.0 tersebut dapat disimpulkan bahwa ospek itu sangatlah penting dalam menempuh jenjang perguruan tinggi. Karena, dengan kegiatan tersebut para mahasiswa baru dapat mengetahui peraturan kampusnya. Lebih disiplin dalam berbagai hal,karena sudah sadar bahwa mereka sudah menjadi mahasiswa bukan lagi seorang siswa.

Leave a Comment