Doa Bersama Menuju Ramadhan Bertambah Berkah

Minggu(11/04), Himpunan Mahasiswa D3 Teknik Telekomunikasi melaksanakan “Doa Bersama Menuju Ramadhan Bertambah Berkah” dengan pemateri Bapak Mohammad ‘Ulyan, S.Pd.I. M.Pd.I yang merupakan salah satu dosen di Institut Teknologi Telkom Purwokerto. Tausiyah yang beliau berikan meliputi keutamaan bulan Ramadhan dan amalan-amalan yang dapat kita lakukan selama bulan Ramdahan ini. Beliau mengatakan bahwa jika kita bertemu dengan Ramadhan betapa beruntungnya kita, karena di bulan itu segala amalan akan dilipat gandakan ganjarannya. Kemudian bulan Ramadhan merupakan bulan diturunkannya kitab suci Al-Quran Ramadhan disebut juga sebagai Syahrul Quran atau bulannya Al-Quran karena di bulan mulia ini Allah pertama kali menurunkan Al-Quran.

Bapak Mohammad ‘Ulyan memberikan tausiyah

Keutamaan lainnya yaitu di bulan Ramadhan setan setan dibelenggu agar memudahkan manusia dalam melaksanakan berbagai ketaatan di bulan Ramadhan sepeti puasa dan shalat malam. Keempat pintu neraka ditutup dan pintu surga dibuka. Allah menjadikan bulan Ramadhan sebagai bulan yang mulia, di antaranya dengan menutup pintu neraka dan membuka pintu surga di bulan Ramadhan. Maksud dari dibukanya pintu-pintu surga adalah Allah menjadikan amalan perbuatan yang dilakukan manusia sebagai penghantar menuju surga. Di tutupnya pintu-pintu neraka bermakna Allah mencegah manusia dari perbuatan-perbuatan yang dapat menghantarkan mereka ke neraka. Setiap manusia pasti tidak pernah luput dari kesalahan dan kemaksiatan. Setiap kemaksiatan yang dilakukan manusia akan diberikan dosa dan akan menjadi timbangan keburukan di hari akhir nanti.  Allah adalah Dzat yang maha pengampun, meskipun kita telah berulang kali berbuat dosa Allah selalu menerima taubat hamba-Nya selama ajal belum menjemput.

Setelah tausiyah disampaikan, kegiatan dilanjutkan dengan doa bersama. “Semoga amalan-amalan yang telah kita kerjakan di bulan ramadhan dapat di terima oleh Allah SWT dan diharapakan kita dapat menjadi manusia yang terus mengerjakan amalan kebaikan, meskipun di luar bulan Ramadhan.” penuturan beliau tersebut menjadi akhir dari acara Doa Bersama yang dilaksanakan dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1442 H.

Foto bersama setelah acara Doa Bersama

Related Post